Selasa, 19 Agustus 2014

Ular sebagai hewan peliharaan

     Hai coldblooded lover semua, lama tak jumpa. Ternyata terakhir saya posting adalah 2013 sudah lama ya. Saat ini saya sudah menjual semua reptil berkaki saya (pekerjaan membuat saya sibuk untuk benar-benar merawat mereka). Post kali ini saya akan membahas tentang ekonomisnya memelihara ular bagi kalian yang super sibuk tapi ingin memiliki hewan peliharaan. :)..
     Ya ular. Hewan tak berkaki yang ganas dan dapat membunuhmu dengan bisa dan lilitan yang dapat meremukan badanmu (seperti film ANACONDA lol). No no no just big no.. Persepsi salah dan terlalu berlebihan dari film dan anggapan orang yang selalu negative tentang ular-lah yang membuat kita takut. Lagi pula dari seluruh dunia cuma 20% ular yang berbisa. Namun kini ular bisa dijadikan peliharaan kok. mereka salah satu hewan eksotis dan mengagumkan.
     Awalnya saya sangat takut terhadap ular. Super duper takut. Bagi saya adalah sesuatu yang gila jika ada orang yang memelihara ular. Thats Crazy. Insane tepatnya. Tapi apa mau dikata mereka menakjubkan. Dengan keberanian dan kebodohan dan keingin tahuan yang besar maka saya coba untuk memelihara ular. Dan boa constrictorlah yang saya pilih karna saya tidak tahu harus mengambil ular apa, jenis apa dan lainnya saya pelajari sambil saya memelihara.
(ini dia ular pertamaku boa constrictor - het albino )
     Memegang ular pertamaku dengan memberanikan diri dan secara hati-hati benar-benar pengalaman yang mendebarkan. Mereka begitu indah dan menakutkan secara bersamaan. Tapi tetap saja memang seharusnya saya lebih dulu mempelajari bagaimana care sheet (cara memelihara) mereka dulu sebelum membeli. Dan benar saja pada hari kedua secara bodohnya saya mencoba handling mereka yang saat itu belum makan dan masih stres oleh lingkungan baru dan strach strike pertama oleh ular saya terima di tangan. Bukan strike berbahaya hanya sentuhan kecil. Dan karna ini pertama kalinya saya dapat strike saya pun panik. Otak saya saya mencoba membuat saya berfikiran negative. "Bagaimana kalo ada racunnya"..? "Gimana kalo darahnya banyak keluar dan saya jadi lemas..?" dan pikiran bodoh lainnya. 
     Bekas strike ditangan saya berbekas tusukan dari gigi ular seperti tertusuk jarum. Tidak sakit kok tapi rasa takut saat di gigitlah yang membuat semuanya terasa menakutkan. Saya mencoba menyucinya dengan air sabun, mengoleskan alkohol bahkan sampai menutupnya dengan plester. hahahahhahaaa. Dan setelah itu ssaya pun ketakutan dengan ular yang saya beli. Maka saya pun menjualnya kembali.
    Setelah beberapa waktu saya pun menginginkan mereka kembali. Ya mereka mengagumkan. Maka saya coba untuk lebih mempelajari habitat, jenis dan bagaimana merawat mereka. Ternyata menurut saya ular adalah hewan peliharaan yang sangat mudah untuk dipelihara. 
(contoh tempat untuk memelihara ular)
ULAR, KANDANG DAN CARE SHEET
     Saya hanya menyingkat semuanya dengan kebutuhan anda dan apa yang anda miliki. Ya tentunya sesuaikan semua dengan budget dan space ruangan yang kalian miliki. Pertama soal pakan dan membersihkan kandang ular. Sebagai orang yang memiliki kesibukan seperti sekolah, kuliah atau kerja kita tidak memiliki waktu yang selalu free untuk merawat peliharaan kita. Ini lah kelebihan ular dari pets lainnya. Mereka hanya makan seminggu sekali. Dengan makan seminggu sekali maka mereka kemungkinan akan pup seminggu sekali.Bandingkan jika kita memelihara jenis mamalia seperti kucing atau anjing yang makan setiap hari pup setiap hari kan. Berarti waktu dan uang untuk merawat mereka pun bisa kita push.
     Contoh lainnya kita tidak memiliki ruangan yang cukup untuk sebuah kandang besar, maka kita bisa mencoba memelihara ular yang kecil-medium saja seperti corn snake atau ball python. Lalu jika kandang Terarium terlalu mahal untuk kita tak usah kawatir kita bisa menggunakan kontainer plastik (saya pernah menggunakan rak baju plastik untuk memelihara ballpython saya seperti di gambar). Nah sekarang ular apa yang akan kita beli untuk dipelihara. Coba cek budget kita. Harga ular itu bervariasi, mulai dari normal retic (sanca kembang) yang harganya terjangkau dari 100 - 300 ribu sampai ular mahal macam boa albino baby seharga 2,5 - 3jt bahkan ular dengan morp gila lainnya yang harganya tentu sesuai dengan keindahannya. Maka silahkan dipilih dan dipilah.

PELAJARI DAN TERUS BELAJAR
     Ini adalah hal yang sangat diperlukan jika kalian berniat untuk mulai memelihara ular. Ya kita ga mau kan karna kita tidak tau apa-apa tiba-tiba kita memelihara ular berbisa. Bisa berbahaya kan. (Saya tidak merekomendasikan anda semua untuk memelihara venomous pets). Atau kalian ditangkap oleh polisi hutan karena kalian memelihara ular yang termasuk golongan Apendix (dilindungi) - amit amit. Maka pelajarilah terus mulai dari jenisnya, cara meemelihara, makanannya, sexingnya bahkan cara breedingnya.
     Satu hal yang penting dalam memelihara ular bahkan apapun itu adalah sayangi mereka rawat mereka dengan baik dan respect. So kalian siap memulai memelihara mereka... pastikan semua hal di atas sudah kalian siapkan ya, kalau perlu mintalah izin pada orang tua, pacar kalau perlu pada pak RT kalian ahahahaha (biar aman). Jika kalian sudah siap maka bersenang-senanglah. Ular adalah salah satu hewan yang membuatku takjub mereka keren. :)

   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar