Senin, 22 Juli 2013

Reptil Pertama Saya

   Sebagai pemula saya tidak tahu apa yang harus dipelihara, bagaimana memeliharanya dan dimana saya harus membelinya... Satu-satunya tempat yang saya tahu yang menjual hewan adalah Jatinegara. Jadi dihari yang lumayan cerah saya pergi untuk mencari reptil (entah apa) di Jatinegara. Di pinggir jalan saya hanya lihat satu ekor iguana (itupun jelek dan tidak terawat) saya coba bertanya harganya dan wooow 450 ribu rupiah. Harga yang sangat besar untuk seekor iguana (bagi pemula saya memang buta harga reptil). SI pedagang menyuruh saya untuk cek harga iguana di dalam pasar burung kalau tawarannya terasa mahal.

   Maka saya segera beranjak ke dalam pasar burung dan berhasil menemukan beberapa iguana (baby) yang bersih dan sehat. Pertanyaan harga pun terlontar dan sekali lagi saya terperanjat dengan harganya. 650ribu. Gila. Setelah muak dengan keadaan Jatinegara yang sumpek saya pun menghampiri pedagang pertama dengan iguana jeleknya. Dan berhasil saya bawa pulang dengan harga 400 ribu.

   Memelihara Iguana ternyata lumayan mudah. Dan memang termasuk reptil pertama yang mudah dipelihara oleh pemula. Sayapun mulai mempelajari segala hal tentang IGGY (panggilan hobies buat iguana).
Ini mungkin beberapa hal yang saya dapat share tentang memelihara iguana di Indonesia khususnya.
Dan ini menurut pengalaman saya..
* Makanan  : kangkung, pepaya, semangka, melon dan lainnya
* Memberi daging pada iguana akan mempercepat kematiannya
* Umur iguana bisa 20 thn
* Kuku iguana memiliki bakteri yang dapat mengakibatkan tipes. untuk itu rajin meni pedi kukunya.
* Jika kondisi badan kamu sedang drop jangan handling iguana (kata temen)
* Iguana suka berjemur sehabis mandi jika jarang dijemur bisa berjamur.
* Biasanya tiap mandi saya campur detol cair kedalam air hangat.
* Hand feeding bisa membuat iguana jinak.
* Sexing iguana jantan : dibawah antara kaki dan selangkangan ada beberapa titik spot bisa dilihat pada ukuran juvenil, memiliki jakun dan spike yg besar (dewasa) dan sebaliknya untuk betina
* Jenis iguana di pasaran umumnya adalah green iguana, green rhinolopha, red iguana, yang jarang ada blue iguana, rhino iguana, albino iguana (jarang dan super mahal)

Setelah beberapa bulan saya pelihara ini dia iguana jelek dan bau yang saya beli di Jatinegara seharga 400 ribu itu berubah menjadi Iguana ciamik dan ganteng.. ahahhaa.. namanya GODJI dari GODZILLA monster
( GODJI Handling)

( GODJI free room nangkring diatas tv)

 ( Libya  dan GODJI -hari terakhir dirumah)
 Beberapa bulan pelihara saya coba untuk menjualnya. Pertama hanya iseng saya iklankan di Kaskus. Dan ternyata GODJI terjual dengan harga 1,2 juta (klo ga salah) Mulai dari situ saya pun mulai berfikir bahwa hobby ini bisa menghasilkan... Saya lakukan apa yang membuat saya senang dan mendapatkan uang dari situ. HAPPY!!

1 komentar: